Dampak Yogurt Rasa-rasa Bagi Anak-anak

July 27, 2018 BY Admin

Seringkali, yogurt dibuat dengan berbagai varian rasa. Sebab, seiring dengan kepopulerannya, para konsumen tidak menyukai yogurt biasa.

Yogurt merupakan susu hasil proses fermentasi bakteri yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk sistem pencernaan tubuh manusia.

Seringkali, yogurt dibuat dengan berbagai varian rasa. Sebab, seiring dengan kepopulerannya, para konsumen tidak menyukai yogurt biasa.

Bahkan seorang profesor nutrisi, penelitian makanan, dan kesehatan masyarakat di New York University, Amerika Serikat yang bernama Marion Nestle menyebut yogurt tanpa rasa terlalu asam.

"Mereka bisa menjual lebih banyak yogurt bila ditambahkan pemanis dan aneka rasa," ungkapnya.

Hal ini terbukti pada penjualan yogurt yang mencapai 8,5 miliar dolar Amerika atau Rp 1,2 kuintilliun di Amerika Serikat. Di mana rak supermarket dipenuhi dengan yogurt aneka rasa yang dijajakan untuk anak-anak.

Pada tahun 2015, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan yogurt aneka rasa adalah salah satu dari tiga produk makanan dan minuman yang paling sering dipasarkan kepada orangtua di Amerika Serikat. Namun, sebenarnya satu kemasan yogurt yang tampaknya tidak berbahaya dapat mengandung gula sebanyak sekitar 10 gram.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menyebutkan kandungan gula tinggi berpotensi merusak bagi pertumbuhan anak-anak. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kadar gula harus kurang dari 10 persen dari semua kalori yang dikonsumsi setiap hari. Sementara, untuk anak-anak antara usia 2 sampai 18 tahun, mereka harus mengonsumsi tidak lebih dari enam sendok teh gula tambahan per hari.

Marion mengungkapkan yang terjadi pada remaja jika mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan (obesitas) dan risiko jantung (tekanan darah). Begitu pula dengan anak-anak, asupan gula tinggi membuat mereka sulit melepaskan kebiasaan mengonsumsi makanan manis (yogurt aneka rasa) sehingga lebih rentan terkena penyakit dan infeksi.

Sebaiknya, para orang tua harus mengurangi asupan gula anak-anak dengan membuat mereka terbiasa makan sehat. Sebenarnya, konsumsi yogurt berasa untuk anak-anak bisa Anda siasati dengan mencampurkan yogurt polos (tanpa rasa) dengan buah atau kacang. Makanan inipun pasti akan menjadi camilan yang sangat menggugah selera dan lebih sehat karena mengandung gula alami.

Selain untuk makanan, yogurt juga bisa Anda gunakan sebagai masker dengan cara mengoleskannya ke wajah sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukanlah dengan rutin, jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih dan bersinar.


;