Dirut RSUP Dr Sardjito: BPJS Kesehatan Berikan Layanan Online untuk Mempermudah Pendaftaran Pasien

April 30, 2018 BY Nur AK

Bagi Anda yang akan berobat ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dengan menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, saat ini Anda tak perlu lagi menunggu nomor antrean untuk mendaftar. Pasalnya, pengelola RSUP sudah menerapkan layanan pendaftaran secara digital yakni melalui sistem pendaftaran daring (online).

Dengan sistem tersebut, pasien bisa langsung mendapatkan jadwal berobatnya dan konsultasi ke dokter, tanpa menunggu terlalu lama di RSUP.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Darwito mengonfirmasikan bahwa pasien BPJS Kesehatan sudah dapat melakukan pendaftaran daring lewat Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang tersedia di rumah sakit.

Mesin APM yang tersedia sebanyak 4 buah. Kelak, di dekat mesin tersebut aka nada petugas yang berjaga untuk membantu pasien mengisi pendaftaran online.

Darwito menjelaskan, fungsi utama dari mesin APM adalah sebagai inovasi dari BPJS Kesehatan untuk mengurangi antrean pasien yang mendaftar. Penggunaan mesin APM sendiri sudah mulai diterapkan pada hampir 500 RS, melalui kerja sama dengan BPJS. Sehingga nantinya, pasien BPJS bisa mendaftar sendiri menggunakan daring, tanpa bantuan petugas RS yang bersangkutan.

Untuk diketahui, informasi tersebut diungkapkannya melalui suatu konferensi pers ‘Optimalkan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Lewat Implementasi Vedika’, di Kantor BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta, pada Jumat (27/04/2018) lalu.

Semoga sistem tersebut bisa berjalan lancar dan tahan dalam jangka waktu yang lama. Agar pasien BPJS Kesehatan tak kesulitan dan menunggu lama dalam berobat. Sebab, penyakit yang tak segera diobati maupun mendapat penanganan medis akan berakibat fatal terhadap peningkatan kondisi penyakit yang semakin parah bagi tubuh pasien.


;